17 Ide Lomba 17 Agustus untuk Anak SD, Seru dan Meriah!

Perayaan HUT RI tak meriah jika tidak ada lomba. Ini ide lomba 17 Agustus untuk anak SD adalah lomba pukul air, balap karung, dan lainnya.

Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI, para anggota karang taruna dan guru SD pasti sudah sibuk menyusun dan mencari ide lomba 17 Agustusan untuk anak SD.

Sebetulnya, ada banyak ide lomba 17 Agustus untuk anak SD, salah satunya yaitu lomba balap karung. Sahabat dulu pernah mengikuti lomba ini, kan?

Memang, lomba semacam ini akan selalu seru untuk dilakukan di acara apa pun. Namun, perlu diperhatikan, selain lomba yang sifatnya bermain, jangan lupa adakan lomba yang bisa mengasah pengetahuan anak-anak, ya!

Nah, apa saja ide lomba 17 Agustus untuk anak SD yang seru dan bisa mengasah pengetahuan? Yuk, lihat daftarnya di artikel berikut ini.

Ide Lomba 17 Agustus untuk Anak SD

Lomba yang cocok untuk anak SD adalah lomba yang bisa dilakukan sambil bermain. Berikut ide lomba 17 Agustus yang bisa Sahabat gunakan.

1. Lomba Pukul Air

Lomba pukul air adalah lomba anak-anak yang sederhana tapi seru. Peralatan yang diperlukan untuk mengadakan lomba tersebut hanyalah plastik berisi air, batang pohon pisang/pepaya, kain penutup mata, dan tali.

Dalam pelaksanaannya, balon berisi air digantung menggunakan tali. Kemudian, peserta anak-anak harus memukul balon air di hadapannya menggunakan kayu dalam kondisi mata tertutup.

Siapa yang pertama memecahkan balon air tersebut maka dia adalah pemenangnya. Oh iya, pastikan alat pukul yang digunakan anak-anak adalah batang pohon yang aman ya.

Jangan sampai, anak-anak menggunakan alat pukul kayu jati atau malah besi. Sebab, ini akan membahayakan anak-anak ketika bermain.

Selain itu, pastikan jarak antar plastik airnya tidak terlalu dekat. Hal ini ditujukan untuk mengurangi peserta saling pukul.

2. Balap Karung Pakai Helm

Salah satu lomba 17 Agustus yang sangat seru untuk diikuti dan ditonton adalah balap karung pakai helm. Lomba ini dapat melatih ketangkasan dan kelincahan peserta. 

Dalam lomba tersebut, peserta diharuskan melompat-lompat hingga garis finish dengan kaki di dalam karung serta kepala mengenakan helm.

Peserta yang sampai di garis finish tanpa karungnya terlepas adalah pemenang lomba ini. Perlu diketahui, terdapat dua variasi dalam perlombaan ini. 

Versi pertama adalah karung ditali sedemikian rupa sehingga anak-anak berada dalam posisi jongkok. Dengan demikian, mereka melakukan balapan dengan lompat jongkok.

Versi kedua adalah karung tidak ditali, sehingga peserta harus memegang erat karung ini agar tidak lepas saat mengikuti lomba. Versi kedua ini memungkinkan peserta untuk lebih leluasa dalam melompat.

3. Lomba Bakiak

Lomba bakiak sudah cukup lama terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Properti yang dibutuhkan dalam lomba ini hanyalah bakiak berukuran besar yang bisa digunakan oleh 3 atau 4 orang.

Kunci utama mengikuti lomba ini adalah kelompok peserta harus kompak dan mampu berjalan secepat mungkin menuju garis finish.

Nah, jika ada satu saja peserta dalam satu kelompok yang tidak kompak, maka mereka berisiko terjerembab ke depan.

4. Lomba Menyanyikan Lagu Kebangsaan

Ide lomba 17 Agustus untuk anak SD , yaitu lomba menyanyi. Lomba ini dapat menjadi ajang penggalian bakat menyanyi anak-anak.

Selain itu, lomba menyanyi lagu kebangsaan juga dapat meningkatkan pengetahuan anak-anak tentang lagu-lagu nasional dan melatih kepercayaan diri mereka.

Lomba menyanyi dapat dilakukan secara individu maupun berkelompok. Selain itu, lomba ini juga tidak memerlukan banyak perlengkapan.

Panitia hanya perlu menyediakan microphone dan speaker aktif. Pemenang lomba ini adalah peserta yang penampilannya paling apik dan tidak salah lirik.

5. Lomba Baca Puisi

Dalam rangka HUT RI, panitia lomba 17 Agustus dapat mengadakan lomba baca puisi bertema kemerdekaan atau perjuangan.

Seperti lomba menyanyi, lomba baca puisi juga dapat melatih kepercayaan diri anak-anak SD. Bahkan, lomba ini juga bisa membantu meningkatkan kreativitas anak-anak. 

6. Lomba Mewarnai

Pengadaan lomba mewarnai tak boleh dilewatkan dalam perayaan 17 Agustus. Lomba ini dapat mengasah kreatifitas anak.

Selain itu, lomba mewarnai juga cukup populer di kalangan anak-anak SD, terutama anak kelas 1-3 SD. 

Mengingat lomba ini diadakan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI, maka gambar yang diwarnai pun juga harus bertema kemerdekaan, perjuangan, dan semacamnya.

7. Cosplay Pahlawan Nasional

Selain tebak gambar pahlawan, Sahabat juga bisa mengadakan lomba cosplay pahlawan nasional untuk membantu anak-anak lebih mengenal para pejuang kemerdekaan.

Selain unik, lomba ini juga dapat membantu generasi penerus bangsa untuk lebih menghargai jasa pahlawan.

Dalam lomba cosplay pahlawan nasional, anak-anak harus berdandan semirip mungkin dengan pahlawan pilihan mereka.

Selanjutnya, juri akan menilai peserta mana yang paling mirip untuk menentukan pemenang. Sekilas, lomba ini terdengar sederhana. Namun, mungkin tidak demikian dengan peserta.

Mereka kemungkinan besar memerlukan bantuan orang dewasa untuk berdandan seperti pahlawan.

8. Lomba Kempit Balon

Lomba kempit balon dijamin dapat membuat para penonton tertawa. Lomba ini bisa dilakukan secara individual maupun beregu. Peralatan yang diperlukan untuk mengadakan lomba ini hanyalah balon yang telah ditiup.

Pada perlombaan kempit balon individu, peserta harus menghimpit balon di antara kedua kaki mereka dan di bawah dua ketiak (opsional).

Selanjutnya, mereka harus berjalan ke garis finish tanpa menjatuhkan balon. Pemenang lomba adalah ia yang sampai di garis finish paling cepat.

Pada perlombaan kempit balon beregu, dua peserta bekerja sama dalam menghimpit balon dan berjalan menuju garis finish.

Panitia dapat menentukan dengan bagian tubuh mana balon harus dikempit, misalnya dahi atau perut.

9. Lomba Cerdas Cermat Tema Kebangsaan

Lomba cerdas cermat bertema kebangsaan cocok sekali untuk anak SD yang duduk di bangku kelas 4 hingga 6.

Lomba ini cukup menarik untuk ditonton dan diikuti. Selain itu, lomba tersebut dapat menambah wawasan kebangsaan para peserta.

Lomba cerdas cermat bertema kebangsaan umumnya dilakukan secara beregu.  Tiap regu dapat beranggotakan 2 hingga 3 orang.

Mereka harus mengumpulkan poin dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh panitia.

Selain itu, lomba ini biasanya akan dibagi menjadi beberapa babak, contohnya babak pertanyaan wajib, babak rebutan, dan babak lemparan.

Pemenang lomba cerdas cermat ini adalah kelompok yang berhasil mengumpulkan nilai paling banyak.

10. Tahan Tawa

Sesuai namanya, lomba tahan tawa adalah lomba yang mengharuskan para peserta tidak tertawa. Bagaimana bisa? Justru di situ serunya.

Mereka tidak boleh tertawa meski panitia memutar audio atau video yang lucu. Ya, versi lomba tahan tawa yang pertama, yaitu dengan cara memutarkan video/audio lucu.

Selain itu, ada pula cara yang lain, yaitu peserta harus berpasangan dan saling menggoda satu sama lain.

Sebelum memulai lomba, setiap pasangan harus suit terlebih dahulu. Peserta yang menang harus menggoda lawannya selama 2 menit atau sesuai waktu yang ditentukan panitia.

Dalam upaya membuat pasangannya tertawa, mereka diperbolehkan melakukan banyak hal, seperti memasang muka lucu, bergerak-gerak aneh, membuat suara-suara aneh, dan menceritakan kisah lucu.

Jika lawan berhasil menahan tawa, maka mereka kalah dan lawanlah pemenangnya. Namun, jika lawan tertawa, mereka berhasil memenangkan perlombaan

11. Estafet Air

Estafet air adalah ide lomba 17 Agustus kategori beregu yang menyenangkan. Tim-tim peserta lomba estafet air harus siap basah-basahan saat mengikuti lomba tersebut.

Dalam lomba ini, panitia harus menyiapkan air, beberapa baskom, sejumlah mangkuk, dan gelas ukur.

Sementara itu, setiap tim harus berbaris saling memunggungi. Peserta paling depan memperoleh air dari panitia dan kemudian menuangkannya ke mangkuk teman yang ada di belakangnya tanpa menoleh.

Peserta-peserta selanjutnya kemudian melakukan hal yang sama, yaitu menuang air ke peserta berikutnya tanpa menoleh.

Kemudian, peserta terakhir menuang air ke baskom. Tim yang memenangkan lomba ini adalah tim  yang mengumpulkan air paling banyak.

12. Tebak Gambar Pahlawan

Agar anak-anak lebih mengenal siapa saja pahlawan nasional, Sahabat bisa mengadakan lomba tebak gambar pahlawan. Ide lomba 17 Agustus untuk anak SD ini cukup sederhana dan aman dilakukan. 

Peserta hanya perlu menebak gambar pahlawan yang disediakan oleh panitia. Mereka yang paling banyak menebak dengan benar adalah pemenang lomba.

13. Estafet Tepung

Lomba estafet tepung sama seperti estafet air. Namun, properti yang dipakai sedikit berbeda. Bahan yang dibutuhkan untuk lomba ini adalah mangkok, tepung terigu, baskom, dan timbangan.

Jika estafet air dapat membuat tubuh peserta basah, estafet tepung dapat membuat peserta belepotan tepung.

Lomba ini bisa mempertandingkan 2 tim atau beberapa tim sekaligus. Setiap tim terdiri dari beberapa peserta.

Mereka juga harus berbaris dan memunggungi teman satu tim. Selanjutnya, mereka harus menyalurkan tepung kepada teman satu tim tanpa menoleh. Tim yang dapat mengumpulkan paling banyak tepung akan memenangkan lomba.

Baca juga:   Dijamin Seru! 9 Cara Mengisi Hari Kemerdekaan Indonesia

14. Sepak Bola Terong

Ide lomba 17 Agustus untuk anak SD yang juga akan membuat ngakak penonton dan peserta adalah sepak bola terong.

Untuk mengadakan lomba sepak bola terong, panitia perlu menyiapkan beberapa bola plastik, tali, dan terong.

Selanjutnya, terong diikat pada tali yang cukup panjang, kemudian tali diikat pada pinggang peserta, hingga terong menjuntai ke bawah di antara dua kaki. 

Kemudian, peserta harus menggerakkan terong ini untuk menendang bola di depannya, sehingga bola mencapai garis finish.

Mereka yang memenangkan lomba sepak bola terong adalah yang sampai di garis finish paling cepat. Jika Sahabat ingin memodifikasi lomba ini juga bisa.

Misalnya, Sahabat bisa membuat lomba ini menjadi sepak bola terong kategori tim. Nantinya, peserta harus menggolkan bola ke gawang layaknya sepak bola pada umumnya.

Bedanya, di lomba ini, Sahabat tidak boleh menendang bolanya menggunakan kaki, harus menggunakan terong yang sudah diikat di pinggang.

15. Sepak Bola Daster

Lomba sepak bola daster cocok sekali diadakan untuk anak laki-laki usia SD. Lomba ini seperti sepak bola biasa.

Namun, para peserta harus mengenakan daster saat melakukannya. Sepak bola daster cukup menantang dan lucu untuk dilihat.

Nah, jumlah peserta pada tiap tim tidak harus 11 orang, boleh kurang dari itu jika kondisi tidak memungkinkan.

Panitia dapat menentukan jumlah peserta per tim di awal agar pertandingan berjalan adil. Tim yang membuat gol paling banyak akan memenangkan pertandingan.

16. Lomba Memasukkan Paku ke Dalam Botol

Salah satu ide lomba 17 Agustus untuk anak SD yang seru untuk diadakan adalah lomba memasukkan paku ke dalam botol. Lomba tersebut cukup menantang bagi peserta karena memerlukan kecermatan.

Properti yang diperlukan untuk mengadakan lomba memasukkan paku ke dalam botol adalah botol kosong, paku, tali, dan benang.

Panitia nantinya akan menggantungkan paku di bagian belakang tubuh peserta. Selanjutnya, peserta lomba diharuskan untuk memasukkan paku tersebut ke dalam botol.

Pemenang lomba ini adalah mereka yang paling cepat memasukkan paku ke dalam botol. Jika ingin lebih aman, Sahabat bisa mengganti paku dengan pulpen atau pensil.

17. Lomba Sepeda Hias

Lomba sepeda hias merupakan ide lomba 17 Agustus untuk anak yang sudah sejak lama diadakan.

Lomba tersebut mengasah kreatifitas anak dalam menghias sepeda. Peserta yang paling kreatif atau paling baik hiasan sepedanya akan memenangkan lomba ini.

Anak-anak diperbolehkan menggunakan berbagai bahan untuk menghias sepeda mereka, contohnya balon, kertas krep warna-warni, bendera, karton, dan berbagai properti lainnya. Sepeda yang telah dihias kemudian dinaiki mengelilingi kampung oleh para peserta.

Semua ide lomba 17 Agustus untuk anak SD di atas sangat seru untuk dilakukan. Hampir semua lomba tersebut aman dilakukan oleh anak-anak.

Selain itu, sebagian ide lomba juga tidak memerlukan biaya besar untuk melakukannya, sehingga Sahabat bisa mengadopsi ide-ide tersebut.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top