Ramadhan Melahirkan Generasi Amanah

Ramadhan Melahirkan Generasi Amanah

Masih dalam suasana bulan Ramadhan yang penuh keberkahan di awal bulan ini. Dan keberkahan bulan Ramadhan akan segera kita petik di pertengahan bulan ini dalam momen Idul Fitri.

Bulan Ramadhan adalah kesempatan yang diberikan Allah SWT untuk kita mengembangkan karakter mulia. Amanah adalah karakter utama yang harus dimiliki oleh setiap muslim, sebagaimana Rasulullah bahkan telah bergelar Al Amin (yang dapat dipercaya. Ada tiga aspek kehidupan yang sangat rentan terhadap pelangggaran sikap amanah, yaitu amanah dalam kekuasaan, amanah dalam kehormatan dan amanah dalam rahasia.

Allah berfirman dalam Alqur’an Surat Al-Ahzab ayat 72 yang artinya: “Sesungguhnya kami telah menawarkan amanah kepada langit, bumi, dan gunung-gunung, tetapi semuanya enggan untuk memikul amanah itu dan mereka khawatir tidak akan melaksanakannya (berat). Lalu dipikullah amanah itu oleh manusia. Sungguh manusia itu sangat zalim dan sangat bodoh”.

Berdasarkan ayat tersebut, maka manusia adalah makhluk yang memikul beban (mukallaf). pembebanan (taklif) meliputi hak dan kewajiban. Setiap beban yang diterima manusia harus dilaksanakan sebagai amanah.

Itulah sedikit bahasan dari rubrik Bekal Hidup edisi kali ini. Dalam rubrik Muslimah akan dibahs tentang tren busana pengantin muslimah . Sedangkan dalam rubrik Kuliner akan membahas berbagai menu dengan olahan saus telur asin yang sedang tren didunia kuliner. 

download.