Najmatus Shobah - Berprestasi Berkat Belajar di Sanggar Genius

Najmatus Shobah - Berprestasi Berkat Belajar di Sanggar Genius

Namanya Najmatus Shobah. Anak ini tinggal di Desa Ledug, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas. Usianya baru 12 tahun, penampilanya juga seperti kebanyakan anak desa seusianya. Lugu dan agak pemalu. Hanya senyumnya saja yang sesekali terlihat diraut wajahnya yang sekilas menunjukan bahwa ia selalu optimis.

  Sejak pertama kali Sanggar Genius dibuka oleh LAZNAS Yatim Mandiri di Kelurahan Mersi, gadia yang akrab disapa Nana ini selalu rajin datang untuk belajar. Dan hasilnya sungguh luar biasa. Nana berhasil mengalahkan 25 teman sekaligus lawannya dalam ajang Olimpiade Matematika yang digelar oleh LAZNAS Yatim Mandiri Purwokerto.

  Menjadi juara pertama diajang tersebut, sempat membuatnya terheran-heran. Rasa tidak percaya juga ditunjukan oleh sang ibu, Aprilistiani Mujiatun, ketika mendengar cerita sang anak yang akan ke Jakarta mewakili LAZNAS Yatim Mandiri Purwokerto diajang Olimpiade Genius Nasional.  

  Bahkan para guru yang ada disekolahnya juga merasa kaget bercampur bangga, karena Nana akan mengikuti Olimpiade Matematika Tingkat Nasional. Terlebih ia bukanlah murid yang diperhitungkan oleh guru-gurunya untuk bidang pelajaran matematika. Namun, dukungan serta doa dari ibu dan guru-gurunya membuat anak kelahiran Banyumas, 15 Juni 2005, ini optimis dan bersemangat.

  Gadis kecil ini pun membuat semua orang takjub. Di Olimpiade Genius Nasional, ia menunjukan prestasi yang luar biasa. Nana berhasil menembus 25 besar dari 100 peserta, dengan menempati ranking 19. Meski tidak berhasil meraih juara, tapi itu adalah prestasi terbaiknya yang telah diusahakannya.  

  Dari sinilah, Nana kini semakin terpacu untuk belajar lebih giat lagi di Sanggar Genius. Dan hasilnya, adanya perubahan signifikan diperlihatkan olehnya dibawah bimbingan intensif guru Sanggar Genius, Kharis Hidayat. Yakni saat Raport untuk semester ganjil kelas 6 dibagikan, Nana mendapat nilai matematika 91. Sekaligus menjadikannya siswa dengan nilai matematika tertinggi dikelasnya.

  Bahkan saat ujian akhir semester, gadis ini mampu meraih nilai 100 untuk bidang studi matematika. Padahal, saat masih semester genap kelas 5, nilai matematikanya hanya 67.

  Hal ini tak lepas dari rutin dan intentsnya Nana belajar di Sanggar Genius LAZNAS Yatim Mandiri. Yakni sebuah program pendampingan belajar pada anak-anak yatim untuk menggali potensi kecerdasan dan kreativitas, khususnya dibidang matematika.

  Najmatus Shobah adalah sebagian kecil anak yatim binaan LAZNAS Yatim Mandiri yang luar biasa. Masih banyak anak-anak yatim lainnya yang berprestasi dan memiliki potensi-potensi yang menakjubkan. Harapannya, mereka mampu meraih kemandirian dan bisa mewujudkan impiannya.(*)