Muslimah The Changemaker

Muslimah The Changemaker

Masyarakat Indonesia terbiasa merayakan hari Kartini tiap tanggal 21 April. Ya, Kartini menjadi sosok panutan perempuan Indonesia selama ini karena jasanya mengembalikan hak perempuan Indonesia untuk belajar. Namun, masyarakat Indonesia khususnya umat Islam banyak yang lupa bahkan tak mengetahui jasa-jasa muslimah lainnya. Seperti Maryam Al Astrulabi, seorang astronom legendaris yang menemukan instrumen astronomi Astrolabe. Hingga kini, alat ciptaannya masih bermanfaat bagi ilmu astronomi.

Hadirnya ilmuwan Islam perempuan seperti Mariam al Astrulabi seakan menjadi bukti bahwa Allah tidak pernah membatasi hamba-Nya untuk mencari, mempelajari maupun mengkaji ilmu pengetahuan, terlebih bagi perempuan.

Firman Allah di surat Ar-Rahman ayat 33 yang berbunyi “Hai golongan jin dan manusia jika kamu sanggup menembus (melintas) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah, kamu tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan (dari) Allah" menjadi bukti bahwa Allah tidak pernah melarang umatnya untuk mengembangkan segenap potensi dirinya agar dapat “menembus” batas-batas langit. Namun harus diingat, bahwa potensi diri itu akan berkembang jika dibarengi dengan modal kekuatan iman dan ketakwaan pada Allah SWT sebagaimana disebutkan dalam ayat diatas.

Itulah sedikit cuplikan dari rubrik Bekal Hidup edisi kali ini. Dalam Rubrik Fenomena dan Muslimah, akan dibahas tren salon khusus muslimah dan bagaimana cara merawat tubuh dengan baik. Mama Bento Surabaya akan hadir dalam rubrik Kuliner dengan menyajikan bento yang lezat. Semoga bahasan dan rubrik-rubrik bulan ini bisa menjadi referensi bagi pembaca.

download.