Bekal Sambut Ramadhan

Bekal Sambut Ramadhan

Tak terasa kita telah memasuki bulan Sya’ban. Sebentar lagi kita akan kedatangan bulan Ramadhan. Setelah sekian lama berpisah, kini Ramadhan kembali akan hadir di tengah-tengah kita.
Bagi seorang muslim, tentu kedatangan bulan Ramadhan akan disambut dengan rasa gembira dan penuh syukur, karena Ramadhan merupakan bulan maghfirah, rahmat dan menuai pahala serta sarana menjadi orang yang muttaqin. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita melakukan persiapan diri untuk menyambut kedatangan bulan suci, agar Ramadhan kali ini benar-benar memiliki nilai yang tinggi dan dapat mengantarkan kita menjadi orang yang bertaqwa.
Tentu saja persiapan diri atau bekal yang dimaksud di sini bukanlah dengan memborong berbagai macam makanan dan minuman lezat di pasar untuk persiapan makan sahur dan balas dendam ketika berbuka puasa. Banyak hal yang perlu dilakukan dalam rangka persiapan menyambut kedatangan Ramadhan, yaitu: Pertama, berdoa kepada Allah SAW, sebagaimana yang dicontohkan para ulama salafus shalih. Kedua, menuntaskan puasa tahun lalu. Ketiga, persiapan keilmuan (memahami fikih puasa). Kempat, persiapan jiwa dan spiritual. Kelima, persiapan dana (finansial). Keenam, persiapan fisik yaitu menjaga kesehatan. Dan ketujuh, menyelenggarakan tarhib Ramadhan.
Menjelang bulan Ramadhan tiba, Rasul SAW memberikan pengarahan mengenai puasa kepada para sahabat. Beliau juga memberi kabar gembira akan kedatangan bulan Ramadhan dengan menjelaskan berbagai keutamaannya. Hal ini dilakukan oleh Rasulullah SAW untuk memberi motivasi dan semangat kepada para sahabat dan umat Islam dalam beribadah di bulan Ramadhan. Semoga kita dipertemukan dengan Ramadhan dan dapat meraih berbagai keutamaannya.

download.