Apakah ONH Juga Dizakati?

Apakah ONH Juga Dizakati?

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yang terhormat Prof Faishal Haq. Saya mempunyai pertanyaan berkaitan dengan zakat dan Ongkos Naik Haji (ONH). Pertanyaannya adalah:

1.Apakah ONH itu juga wajib dizakati? Bagaimana penjelasannya?

2.Berapa kadar zakatnya, Prof?

3.Termasuk ikut zakat apa?

Demikian pertanyaan dari saya, dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Prof Faishal Haq.

Wassalam,

Pak Sohib.-


Jawaban Prof Faishal Haq

Wa’alaikumussalam Wr. Wb. 

Pak Sohib yang saya hormati, harta yang wajib dizakati itu apabila sudah mencapai senisob (sekitar 35 juta rupiah), dimiliki selama satu tahun (haul), milik sempurna (tam) dan merupakan kelebihan dari keperluan pokok (afwu), sebagaimana sabda Nabi SAW: “Tidak ada kewajiban zakat bagi kalian, kecuali harta kalian sudah mencapai 20 mitsqal (85 gram emas=Rp. 35.000.000,-) dan sudah dimiliki selama satu tahun, jika demikian maka zakatnya 2,5 %. 

Dalam al-Qur’an surah at-Taubah (9) ayat 34 dan 35: “… Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah (tidak dizakati) maka beritahukanlah kepada mereka (bahwa mereka akan mendapat siksa yang pedih. Pada hari dipanaskan emas dan perak itu dalam neraka Jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka; (lalu dikatakan) kepada mereka: “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu”.

Sebagian ulama berpendapat bahwa ONH yang dibayarkan seseorang untuk ongkos ibadah haji pada tahun mendatang adalah harta simpanannya, maka ulama ini menyatakan bahwa ONH itu harus dizakati setiap tahunnya 2,5 %. Tetapi menurut sebagian ulama yang lain, tidak wajib zakat, karena uang itu sudah dikeluarkan, jadi sudah bukan miliknya lagi.

Ulama yang mewajibkan zakat, maka zakatnya 2,5 % karena termasuk zakat harta simpanan yaitu seperempatpuluh atau 2,5 % sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Ali bin Abi Thalib tersebut di atas.